O
Bahkan dalam beberapa kondisi, mobil justru tidak bisa dinyalakan. “Kondisi ini umum terjadi pada mobil Eropa yang dijejali dengan busi buatan Jepang. Memang ada yang bagus, namun kalau tidak cocok justru merusak mesin,” ungkapnya. Kesalahan dalam memilih busi rupanya bisa berlanjut. “Kalau dalam jangka panjang, pertama pasti trouble pada sensornya, lalu ECUmobil akan ngaco, kemudian komponen cylinder head akan rusak,” tambahnya.
Untuk memperbaikinya, Tomi mengatakan memerlukan biaya yang tidak sedikit. “Tergantung kondisi dan mobilnya, kalau masih biasa saja hanya dengan mengganti busi yang tepat sudah kembali normal. Namun kalau kondisi yang rusak parah bisa habis Rp. 5-10 juta, karena harus turun setengah mesin,” tuturnya.
Lantas bagaimana yang harus dilakukan? “Mudah, cukup gunakan busi yang sesuai dengan kodenya. Jangan pakai yang asal mahal karena hasilnya juga belum tentu bagus. Dan pastikan busi diganti sesuai dengan jarak tempuhnya yang dianjurkan,” tutupnya.
Sumber: bosmobil.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar