JD Power menilai dari berbagai aspek pada pemilik kendaraan baru selama 2 hingga 6 bulan kepemilikan. Studi ini mengkaji 200 permasalahan yang meliputi 8 kategori sistem kendaraan.
Studi Indonesia Initial Quality (IQS) 2012 ini diperoleh berdasarkan respon dari 2.871 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara bulan Oktober 2011 dan Agustus 2012.
Survei ini mengevaluasi 55 model kendaraan penumpang dan utility vehicle dari 12 merek kendaraan di Indonesia yang mulai dilakukan antara April dan Oktober 2012.
Apa saja mobil-mobil yang paling minim keluhan dari penggunanya? Yuk kita simak satu per satu berdasarkan segmennya.
Di posisi pertama diduduki Mazda2 untuk segmen premium compact car dengan skor 68 PP100 atau 68 keluhan dari 100 mobil.
Mazda ditempel ketat oleh Suzuki Splash dan Toyota Yaris yang sama-sama mengantongi nilai 80 PP100.
Jumlah keluhan rata-rata di segmen ini mencapai 77 keluhan di 100 mobil
Nissan Juke berhasil memimpin dengan skor 57 PP100 (57 keluhan di 100 mobil), kemudian disusul oleh Isuzu Panther dengan skor 63 PP100 dan Daihatsu Terios dengan skor 94 PP100.
Segmen ini rupanya paling sering dikeluhkan pengguna mobil. Rata-rata keluhan mencapai 104 keluhan di 100 mobil.
Di segmen mobil SUV yang lebih besar kembali mobil merek Nissan yakni X-Trail yang memimpin.
Nissan X-Trail berhasil memimpin dengan skor 57 PP100.
Disusul Mitsubishi Pajero Sport dengan skor 75 PP100 dan Toyota Fortuner dengan skor 84 PP 100.
Rata-rata keluhan mencapai 85 di 100 kendaraan.
Tidak hanya penjualan, mobil sejuta umat Toyota Avanza juga menjadi jawaranya di sini.
Avanza hanya memiliki skor 79 keluhan di 100 mobil.
Kemudian diikuti oleh Daihatsu Luxio dan Suzuki Ertiga yang sama-sama meraih skor 85 PP100.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar