Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Jumat, 07 September 2012

Dari Senggigi sampai Rinjani, Menjajal Toyota Grand New FortunerVNTurbo(2-Habis)

Jawa Pos
Tgl 8/9/12

Taklukkan Alam, Kelilingi Objek Wisata

Pulau Lombok punya karakter alam yang lengkap. Mulai deretan pantai berpasir putih, perkampungan yang padat, hingga dataran tinggi nan eksotis. Pas untuk menjajal performa Toyota Grand New Fortuner VNTurbo.

DOAN WIDHIANDONO, Lombok

---

ADA enam Toyota Grand New Fortuner VNTurbo yang dijajal selama tiga hari di Pulau Lombok. Tiap-tiap mobil diawaki empat jurnalis. Mereka menjadi satu tim yang dinamai sesuai dengan urutan mobil. Tim Fortuner 1 hingga Fortuner 6.

Seluruh mobil itu adalah lansiran teranyar. Gres. Pada rilis Toyota Grand New Fortuner VNTurbo tersebut, Toyota punya empat varian. Dua jenis dengan transmisi manual adalah Toyota Grand New Fortuner 2.5 G M/T Diesel VNTurbo dan Toyota Grand New Fortuner 2.5 G M/T TRD Diesel VNTurbo. Sedangkan dua yang bertransmisi otomatis adalah Toyota Grand New Fortuner 2.5 G A/T Diesel VNTurbo dan Toyota Grand New Fortuner 2.5 G A/T TRD Diesel VNTurbo.

"Semuanya irit," kata I Gusti A.B. Yusprihartawan, branch manager PT Krida Dinamik Autonusa. Penghematan konsumsi bahan bakar itu memang terjadi lantaran teknologi VNTurbo yang dipasangkan pada mesin. Lantaran torsi maksimal bisa tercapai pada putaran mesin yang lebih rendah, Fortuner baru tersebut diklaim bisa menghemat bahan bakar ketimbang "kakak-kakaknya" yang sudah terlebih dahulu lahir.

"Medan di Lombok juga pas. Semua bisa ditaklukkan," tambah Yusprihartawan.

Juga sejatinya, yang baru pada Fortuner itu bukan cuma teknologi mesin. Penampilannya pun begitu berbeda meskipun tak sampai membikin pangling. Perubahan yang paling mencolok adalah munculnya hood scoop, semacam lubang "ventilasi" di kap mesin. Fungsinya adalah menangkap angin, lantas menyalurkannya ke unit intercooler di balik kap mesin.

Secara umum, penampilan Fortuner anyar itu masih serupa dengan generasi pendahulunya. Tetap gahar. Kaki-kakinya masih besar dengan velg 17 inci. Nah, kendaraan besar itulah yang menemani para jurnalis selama tiga hari mengelilingi Lombok, pulau seluas 5.435 kilometer persegi.

Pada hari pertama, peserta test drive membawa mobil mulai Bandara Internasional Lombok, bandara anyar yang baru mulai beroperasi pada Oktober 2011. Bandara tersebut terletak di jantung Pulau Lombok, sekitar 26 kilometer di barat daya Kota Mataram. Dari situ, perjalanan menuju Pantai Kuta di kawasan selatan Pulau Lombok. Perjalanan melalui jalan beraspal yang tak terlalu lebar. Rintangan terberat perjalanan hari itu adalah pengendara motor yang melaju seenaknya.

Setelah itu, rombongan menuju hotel yang terletak di kawasan Tanjung, bagian timur laut Lombok. Hotel itu terletak di pinggir pantai, berhadapan dengan Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Perjalanan menuju kawasan itu menyusuri areal Pantai Senggigi yang terkenal apik tersebut. Namun, keelokan kawasan itu berpadu pula dengan jalanan yang berkelok-kelok dan kerap naik-turun secara tajam.

Nah, test drive sebenarnya ada pada hari kedua. Dari kawasan Tanjung, peserta diajak menuju Desa Sembalunlawang, desa terakhir yang kerap menjadi awal pendakian Rinjani, gunung setinggi 3.726 meter dari permukaan laut.

Tentu jalurnya tak melulu aspal hotmix nan mulus. Kebanyakan justru didominasi kelokan-kelokan tajam dan naik-turun yang drastis. Namun, itu memang medan yang harus ditaklukkan untuk membuktikan ketangguhan Toyota Grand New Fortuner VNTurbo.

Meski begitu, pemilihan jalur tersebut bukan semata-mata memamerkan kemampuan mobil anyar itu. "Tapi, kami juga ingin meng-explore keindahan wisata Lombok," ujar corporate planning & public relation division head PT Toyota Astra Motor.

Hari itu, berkendara mengelilingi Lombok dengan berbagai medan yang berat selama kurang lebih delapan jam memang sedikit melelahkan. Namun, memandangi aneka potensi wisata yang tersebar di berbagai penjuru Lombok cukup membuat semuanya jadi impas. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar