Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Jumat, 30 November 2012

Salah Pilih Busi, 10 Juta Melayang

  Jakarta, BosMobil.com - Meski terdengar sepele, namun rupanya memilih busi harus diperhatikan seluk beluknya. Tidak semua busi bisa diterima oleh semua mobil. Hal ini ditegaskan oleh Tomi dari DuaLima Autoworks. “Untuk memilih busi, seseorang harus memilih sesuai dengan kodenya, karena kalau tidak bisa oversize api. Kalau mobilnya cocok, bisa bagus. Tapi jika mobilnya menolak, justru mesin bekerja tidak bagus,” ungkapnya.

BusiO

Bahkan dalam beberapa kondisi, mobil justru tidak bisa dinyalakan. “Kondisi ini umum terjadi pada mobil Eropa yang dijejali dengan busi buatan Jepang. Memang ada yang bagus, namun kalau tidak cocok justru merusak mesin,” ungkapnya. Kesalahan dalam memilih busi rupanya bisa berlanjut. “Kalau dalam jangka panjang, pertama pasti trouble pada sensornya, lalu ECUmobil akan ngaco, kemudian komponen cylinder head akan rusak,” tambahnya.

Untuk memperbaikinya, Tomi mengatakan memerlukan biaya yang tidak sedikit. “Tergantung kondisi dan mobilnya, kalau masih biasa saja hanya dengan mengganti busi yang tepat sudah kembali normal. Namun kalau kondisi yang rusak parah bisa habis Rp. 5-10 juta, karena harus turun setengah mesin,” tuturnya.

Busi

Lantas bagaimana yang harus dilakukan? “Mudah, cukup gunakan busi yang sesuai dengan kodenya. Jangan pakai yang asal mahal karena hasilnya juga belum tentu bagus. Dan pastikan busi diganti sesuai dengan jarak tempuhnya yang dianjurkan,” tutupnya.


Sumber: bosmobil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar