Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Sabtu, 22 September 2012

21 Cara Ngilangin Stress di Jalan

Perjalanan jauh dari kantor ke rumah? Mungkin sudah bukan barang baru lagi di Jakarta dan sekitarnya, 1 sampai 2 jam perjalanan hanya untuk sampe ke tempet kerja bukan sesuatu yang terdengar aneh di sini. Nah, coba sekarang, kita buat perjalanan ini jadi menarik, ga cape, ga stress, jadinya bakal menolong kamu, jantung kamu, sistem kekebalan, otak dan emosi kamu.

1. Kalo memungkinkan, pake aja tansportasi umum. Menurut penelitian, ditemnukan bahwa bukan perjalanannya yang bikin stress, tapi lama waktu yang kita habiskan. Stress yang munmcul sih sebenarnya terjadi karena nyetir. Salah satu penyebab utamanya adalah kareana anda sendiri yang nyetir. Jadi kalo misalnya macet, anda ngerasa nggak bisa mengendalikan kondisi, dan stress mulai muncul. Jika menggunakan transportasi umum, misalnya kereta, bis, angkot, kendali sudah anda serahkan, jadinya, anda tidak akan merasa kehilangan kendali dan stress berkurang.

2. Jika memungkinkan, gunakan kereta. Kembali ke masalah kendali tadi, ditemukan bahwa salah satu sumber stress adalah ketidak pastian. Naik angkot, bus, merupakan sumber ketidakpastian, macet, kecelakaan, macam2, sedangkan, kereta lebih jarang mengalami gangguan seperti ini.

3. Coba gantian nebeng (carpooling). Jika anda dalam lingkungan yang sama dan menuju arah yang sama, kenapa tidak dipertimbangkan hal ini? Selain masalah melepaskan kendali, interaksi sosial yang terjadi juga akan membantu mengurani stress. Tapi kalo anda adalah tipe introvert yang lebih menikmati perjalanan dalam ketenangan, yang lebih suka membaca atau dengerin musik, mending emang naik kendaraan umum aja.

4. Hindari jam2 sibuk, dengan cara apapun. misalnya: berangkat lebih pagi, kalo ada kantor cabang, ajukan usul, jika anda bisa bekerja dari kantor cabang di hari tertentu.

5. Coba cari rute yang paling sedikit ada angkotnya. Lebih panjang juga ga apa2 asal nggak macet2, apalagi kena angkot yang ngetem.

6. Coba kurangi niatan “balapan”. emang sih, mepet2 nyerobot2 emang bikin kamu dapet “tambahan” waktu, tapi bikin kami tambah stres (belum lagi kondisi mobil jadi tambah ga bagus, dan bensin malah makin abis. Santai aja, jangan ngerem2 mendadak, jangan tiba2 ngegas gila, tenang, dan perjalanan anda juga akan makin menyenangkan.

7. Jangan sok ngehakimin pengendara lain. Lucu sih, ada pengendara yang ngambek kalo disalip. ADa yang jengkel kalo lampu merah ga ijo2, macam2 deh. Jangan ikutan jadi pengendara seperti itu ya. Cuek aja dan jangan biarkan lingkungan sekitar ngeganggu kamu.

8. Belajar sambil nyetir. Misalnya pengen belajar bahasa Urdu, atau pengen baca buku. Kenapa ga dicoba? puter kasetnya, dan belajar. Dengan cara kaya gini, anda nggak akan buang waktu, dan karena perhatian anda teralihkan dari kemacetan, stress berkurang (tapi jangan baca bukunya sambil nyetir ya! bahaya! Kalo Dedi Corbuzier masih boleh… )

9. Coba telepon dari dan ke HP, tapi bukan masalah tugas kantor lho! tambah stress ntar. Pake speakerphone ya! inget! jangan nyetir sambil telponnya nempel di telinga! Coba telpon temen, anak, sepupu, keponakan, siapapun deh.

10. Coba bikin album yang isinya lagu2 favorit anda. Satu buat berangkat dan satu buat perjalanan pulang. Dengerin sambil nyetir ato sambil naek kereta atau bus juga bisa. Kalo nyetir, bisa sambil ikutan nyanyi malah…

11. Ikutin cara menyetir ergonomis. Coba atur duduk seenak mungkin. Head rest pas dibelakang kepala. sejajar dengan telinga, cek lagi kaca spion untuk mengatur pandangan, sehingga anda bisa enak melihat ke belakang melalui spion

12. Berangkat pagian, setengah jam dari waktu biasanya. Makin anda bingung karena waktu mepet, makin stress anda di jalan.

13. Angkat kaki dan streching selama 30 detik, ya jelaslah, pas lampu merah dong. Gerakan ini penting lho, mencegah penyumbatan pembuluh darah gara2 duduk terlalu lama. Taruh tangan dibelakang leher dan dorong tangan ke belakang dengan tangan satunya. Ulangi di tangan satunya.

14. Iseng aja maen game. Coba cari misalnya neh, berapa mobil yang platnya tidak berasal dari daerah anda. Orang yang lagi ngupil misalnya, ulangi lagi besoknya, dan seterusnya (rekomendasi: tidak dianjurkan bagi anda yang nyetir)

15. Lengkapi kendaraan anda. Bawa tumbler yang berisi kopi favorit anda. Snack sehat yang awet: kacanga2an, buah2an kering. Bawa jg bahan bacaan, tapi baca hanya pada saat berhenti total. HP yang terisi penuh baterainya misalnya, juga penting bagi anda.

16. Bikin bulbo di dashboard anda. Pasang foto keluarga, atau kalimat motivasi favorit anda. Coba sering2 ngeliat barang2 itu pada saat kecepatan lagi rendah.

17. Coba cari 5 rute perjalanan yang berbeda. JAdi, kalo anda macet di satu jalan, bisa cari jalan lain. Jadi masalah pengendalian, bisa anda atasi dengan mudah, sehingga stress bisa dikurangi.

18. Siapin perjalanan di malam sebelumnya. Jadinya masalah kendali sudah anda siapkan semuanya, dan anda bakal lebih tenang.

19. Rileks sebelum anda masuk ke mobil. Daripada makan keburu2 di mobil, coba bangunm pagian, jadi di mobil ga keburu2. Sampe kantor jg jangan langsung ngadepin kerjaan. Santai dulu. Mau pulang jg gitu, jangan keburu2. Santai bentar…

20. Coba siapin channel2 musik ama berita di mobil anda. Jadi anda bisa tetep update, dan kalo butuh pompaan semangat, bisa dengerin musik jg.

21. Coba olahraga sebisanya di mobil. Streching otot kaki, tangan, dada, dan perut. Selain ditarik boleh juga dicoba ditegangkan. Jadinya: badan sehat, aluran darah lancar, dan stress berkurang.

http://clubbing.kapanlagi.com/threads/15566-21-cara-ngilangin-stress-di-jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar