Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Jumat, 23 November 2012

Gaikindo: UMP naik, harga mobil naik

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menegaskan penetapan kenaikan upah buruh akan berimbas pada kenaikan harga kendaraan. Potensi penurunan produksi akan menjadi dampak yang terjadi dibandingkan pemecatan karyawan.

Namun, seiring perkembangan penjualan kendaraan, potensi masalah pengurangan jumlahkaryawan dan berkurangnya investasi akan bisa diminimalisir.

Wakil Ketua Gaikindo, Jongkie Sugiarto, mengatakan industri otomotif akan melihat terlebihdahulu perkembangan pasar. "Kalau tetap bagus maka tetap produksi, tapi kalau menurun maka kita harus mengurangi produksi," ujarnya saat ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (21/11).

Dia menilai upah di industri ini mengikuti kualitas pekerja yang ditawarkan. Semakin berkemampuan seseorang maka upahnya tentunya akanlebih besar dari Upah Minimum Provinsi (UMP).

Industri otomotif diperkirakan telah menyerap 800.000 tenaga kerja. "Ada yang UMP, seperti yang baru masuk dan skillnya belum ada. Tidaksemuanya di atas UMP," katanya.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar