Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Minggu, 28 Oktober 2012

Kapan Waktunya Kuras Tangki Bensin Mobil?

Jakarta - Pengguna mobil di Indonesia sering kali mengabaikan pentingnnya perawatan tangki bensin. Kebanyakan pengguna mobil akan mengecek tangki bensinnya jika mobilnya sudah sedikit mengalami masalah. Itu salah besar, sebaiknya Anda jangan pernah meremehkan sesuatu hal yang kecil, karena dari hal kecil tersebut akan berpengaruh besar.

Tangki bensin pada mobil Anda harus dirawat secara berkala meski tidak pernah mengalami gangguan. Karena, setiap Anda mengisi bensin terutama untuk konsumen yang mengisi bahan bakar jenis bensin atau oktan rendah. Takutnya, tangki bensin mobil Anda banyak kotoran, seperti kerak, karat atau kadar air dan minyak yang dapat menyebabkan tersendatnya saluran bensin dari tangki ke mesin.

Ismail, kepala bengkel Hyundai, mengatakan ada baiknya setiap 20.000 km tangki bensin pada mobil Anda harus dibersihkan atau dikuras. Agar tidak mengalami gangguan atau bersih dari kotoran-kotoran yang menempel di tangki bensin.

"Sebenarnya tergantung konsumennya itu sendiri. Tapi ada baiknya setiap 20.000 km atau maksimal di 30.000 km, tangki bensin itu harus dibersihkan," terang Ismail kepada detikOto, Rabu (24/10/2012).

Ismail membeberkan, hal itu dilakukan untuk pencegahan. Agar tangki bensin mobil selalu terjaga dan terawat dengan baik. Bawa mobil Anda ke bengkel terdekat atau dimana Anda biasa pergi ke bengkel. Pengurasan tangki bensin itu membutuhkan waktu yang cukup lama yakni, 1 hingga 2 jam. Dari situ, seluruh bensin akan dikuras sampai kering dan dilakukan pembersihan.

"Konsumen biasanya malas karena membutuhkan waktu yang lama. Tapi jangan sampai menunggu ada masalah baru dikuras, itu berbahaya," imbuhnya.

Selain itu, setelah tangki bensin benar-benar kosong dan kering, hal yang harus dilakukan yakni mengecek di dalam tangkinya, jika ditemukan karat atau kotoran lainnya harus segera diangkat.

"Biasanya suka ada kandungan air di dasar tangki bensin, itu harus segera dibersihkan. Karena saat pengurasan, air atau kotoran lainnya biasanya mengendap di dasar tangki," tambahnya.

Setelah tangki benar-benar kering, yang harus dilakukan yakni membersihkan screen filter. Ingat membersihkan screen filter jangan sembarangan, karena bentuknya tipis dan sensitif jadi harus hati-hati. Bersihkan secara perlahan dengan menggunakan angin.

"Percuma nanti kalau filternya ga dibersihkan, tangki bensinnya bersih tapi filternya masih kotor. Nantinya kerja fuel pump-nya tidak akan maksimal," tuturnya.

"Memang fuel pump tidak dapat dibersihkan tapi di fuel pump biasanya melekat saringan bensin. Ingat, menguras tangki bensin ini berlaku untuk semua konsumen, baik yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi maupun rendah. Sebab, kotoran pada tangki bensi pasti ada saja," tandas Ismail.

Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar