Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Minggu, 28 Oktober 2012

Tips Merawat Radiator Mobil

Jakarta - Sibuk dengan rutinitas acapkali membuat kita melupakan untuk memperhatikan kendaraan kesayangan. Terlebih lagi untuk memperhatikan hal kecil seperti radiator yang terkadang sering kita anggap remeh.

Untuk mengetahui bagaimana cara dasar merawat radiator mobil tetap awet, detikOto mengunjungi Mohammad Taher (35) dari Radiator Restu. Menurutnya cara yang baik untuk merawat radiator kendaraan ada beberapa hal:

Lakukanlah pengurasan air radiator selama seminggu sekali.
Isilah kembali air radiator dengan menggunakan air yang bersih tanpa menggunakan air yang berbahan kimia. Karena apabila air tersebut mengandung bahan kimia maka air ini dapat memakan sel-sel radiator dan akan memakan fungsi uatama dari sarang tawon radiator yang tidak lagi bisa mendinginkan mesin kendaraan Anda.
Apabila terdapat kotoran pada bagian sarang tawon radiator sudah sangat tebal maka itu harus dibersihkan dengan dilakukan pencucian di air yang bersih atau menggunakan alat steam.

Kemudian untuk melakukan service ringan coba lakukan hal berikut:

Periksalah dengan melepaskan sarang tawon radiator dan membersihkannya, kurang lebih satu tahun sekali agar bisa mengetahui bagaimana kondisi sarang tawon radiator Anda.
Lepaskanlah kepala radiator yang terdapat pada sarang tawon radiator anda lalu bersihkan dengan air yang bersih.
Bersihkan selang pipa yang terdapat pada sarang tawon radiator, dengan menggunakan plat baja yang berukuran kurang lebih 0.8 mm namun harus diperhatikan panjang plat baja harus lebih panjang dari pada pipa yang terdapat di sarang tawon radiator. Cara membersihkannya, sediakan wadah yang lebih besar dari pada sarang tawon air radiator Anda. Setelah itu bersihkanlah dengan cara menyodok-yodok dengan plat baja didalam wadah tersebut.
Setelah selang pipa yang terdapat pada sarang tawon itu sudah bersih, bersihkanlah sarang tawon tersebut dengan menggunakan air yang bersih atau bisa juga dibersihkan dengan menggunakan alat steam yang biasa anda gunakan untuk mencuci kendaraan Anda.
Pastikan tutup kepala radiator dan selang pipa pada radiator harus dalam kondisi yang baik dan tidak retak terlebih lagi pecah. Karena ini sangat berfungsi untuk menghantarkan dingin yang lebih baik.
Pasangkan semuanya kembali dengan rapat dan tanpa ada celah atau lubang sekali pun. Karena ini berfungsi untuk mencegah debu atau kotoran apapun yang masuk.

Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar