Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Jumat, 19 Oktober 2012

Varian Mobil Listrik Makin Beragam

SURABAYA - Proyek mobil listrik terus berjalan. Bukan sekadar konsep, beberapa bahkan sudah diproduksi. Jenisnya pun semakin beragam. Misalnya, mobil listrik tipe all-purpose vehicle (APV) yang dibuat PT Great Asia Link (Grain).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menjajal langsung mobil yang diberi nama Ravi tersebut di Surabaya kemarin. "Mobilnya enak, lancar," katanya. Dahlan membawa mobil tersebut berkeliling beberapa saat.

Meski memuji performa Ravi, Dahlan mengatakan bahwa mobil listrik itu belum siap diproduksi secara masal. Sebab, ada beberapa bagian yang mesti dibenahi. Selain Ravi, PT Grain akan memproduksi mobil listrik jenis lain. Yakni, Havi (pikap) dan Hivi (city car).

Dahlan menyambut gembira munculnya beraneka ragam mobil listrik. Dia mengatakan, hingga akhir tahun ini akan ada lima jenis mobil listrik yang keluar. Salah satunya adalah mobil listrik mirip Ferrari yang rencananya keluar pekan depan di Jogjakarta.

Dahlan menegaskan bahwa pasar Indonesia sudah siap menyambut mobil listrik. Mobil jenis itu menjadi pilihan seiring dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar minyak (BBM). "Biaya operasional mobil ini jauh lebih hemat," ungkapnya.

Harganya akan diusahakan sama dengan mobil berbahan bakar minyak. Bahkan, bisa lebih murah. Untuk itu, akan ada keringanan bagi pabrikan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya adalah fasilitas keringanan pajak untuk pembelian bahan baku.

Manager Marketing and Sales PT Great Asia Link Haryanto Setiawan mengatakan, perusahaannya berkomitmen untuk mengembangkan mobil listrik. Dia yakin prospeknya sangat bagus karena belum tergarap di Indonesia. Padahal, di beberapa negara maju seperti Belanda, market share mobil listrik mencapai 20 persen. "Mobil ini bisa menjadi alternatif. Biaya operasionalnya 75 persen lebih hemat dibanding mobil biasa," terangnya.

Salah satu kelemahan mobil listrik adalah kekuatan baterai. Alhasil, pada tanjakan atau medan tertentu, mobil tampak lemah. Namun, dengan terus meng-update teknologi, masalah itu bisa direduksi. Untuk mobil listrik Ravi, kapasitas baterainya bisa menempuh 120 sampai 160 kilometer dengan kecepatan 120 km/jam.

Haryanto menambahkan, tipe Havi dan Hivi saat ini masih berupa prototipe dan direncanakan rampung Desember mendatang. Setelah semua bagian dirasa sempurna, pihaknya bakal memproduksi secara masal pada Maret 2013.

Untuk tahap awal, PT Grain akan memanfaatkan 25 persen dari kapasitas pabriknya, yaitu sekitar 20 ribu unit per tahun. Secara penuh, mereka bisa memproduksi mobil listrik jenis manual sebanyak 20 ribu unit per tahun serta 60 ribu unit per tahun untuk jenis matik. (uma/c10/ca)

Sumber: Jawa Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar