Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Minggu, 13 Oktober 2013

CARA HEMAT MERAWAT MOBIL

th

Dewasa ini mobil merupakan alat transportasi penting dan termasuk kebutuhan sehari-hari.buatlah kebutuhan transportasi sehemat mungkin agar tak mengganggu keuangan rumah tangga.berikut beberapa langkah hemat merawat mobil :

Jangan terlalu lama memanaskan mesin

kebiasaan memanaskan mobil itu baik tapi jangan terlalu lama,karena bensin yang terbakar itu tidak membawa anda kemana-mana ,lagipula mobil lebih cepat panas ketika di kendarai.Tehnologi sekarang tidak membutuhkan waktu pemanasan bermenit-menit jadi buat apa buang bensin untuk pemanasan yang lama.

Perlakukan mobil secara lembut

jalankan mobil dengan lembut dan halus ,bawalah mobil ke kecepatan ideal dengan cepat tapi jangan kasar,usahakan stabil di kecepatan itu,ini akan menghemat bensin ,hindari kebiasaan ngebut dan mengijak rem berulang-ualang.Menurut Enviromental Agency USA,kecepatan paling ekonomis berkisar 40 km/jam hingga 100 km/jam .menjalankan mobil dengan lembut bukan saja menghemat bensin tapi juga memperpanjang umur mesin,transmisi dan rem.

Hati-hati dengan roof rack

Mungkin tidak pernah terfikirkan bahwa menempatkan barang roof rack menyebabkan bensin menjadi lebih boros,kenyataannya terganggunya aliran udara akibat penempatan barang itu menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras dan ini berrti bensin lebih banyak.

Menggunakan AC

Bila dilengkapi AC biasalkan menutup semua jendela ,karena jendela yang terbuka akan mengganggu aliran udara dan menciptakan hambatan baru.

Penggunaan bahan bakar

Pakailah bahan bakar yang direkomendasikan pabrik ,jika mobil anda dirancang menggunakan premium maka gunakanlah premium.Membeli bensin yang lebih mahal tidak memberikan keuntungan yang segnifikan ,tapi hati-hati dengan premim bertimbal ,bensin ini cenderung menghasilkan timbunan kerak diruang bakar dalam jangka panjang.

Rawat kendaraan secara teratur

Kebiasaan merawat mobil termasuk ganti oli secara reguler pada akhirnya akan menekan biaya operasional ,karena mobil beroprasi dalam kondisi puncak dan jarang rusak ,Mesin yang tidak tune up menyerap bensin 10-20%lebih banyak dari yang rajin dirawat ,mesin-mesin modern yang dikontrol computer tidak membutuhkan tune up terlalu sering tetapi tetap harus dirawat.Pastikan mobil dirawat sesuai jadwal yang ada pada buku manual ,bertindak sigap ketika mendengar atau merasaakan suara ,getaran dan bau yang berbeda akan banyak membantu mengurangi resiko kantong kering.

Tidak harus bengkel resmi

Bengkel resmi biasanya lebih mahal dari bengkel biasa,jadi ada baiknya mencari bengkel biasa dengan mekanik berpengalaman dan professional untuk melakukan perawatan rutin mobil anda ,sedangkan pada kasus –kasus tertentu yang tergolong sulit dan jarang terjadi lebih baik manfaatkan bengkel resmi.Biasaka menyimpan catatan perawatan mobil setiap kali masuk bengkel ,catatan ini akan sangat berguna kelak bila mobil akan dijual kembali.

Periksa ban mobil

Seringkali pengendara lalai memeriksa ban mobil.padahal ban yang kurang tekanan anginnya membutuhkan energy yang lebih besar untuk menggulirkannya , selain lebih cepat aus. Cek ban minimal 1 bulan sekali pada kondisi dingin. Tekanan yang direkomendasikan biasanya tertera di buku manual maupun bagian dalam mobil.kebiasaan ini akan memperpanjang umur ban yang sekarang mahal harganya

Sabuk pengaman bukann hiasan. Manfaatkan sabuk pengaman , karena perangkat ini terbukti memberikan perlindungan optimal ketika terjadi benturan. Resiko cedera bisa dikurangi, demikian pula biaya perawatan rumah sakit 

http://www.tekanini.com/kurniasihd84

jaminkan bpkb anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar